Komputer Terasa Lambat

Apakah anda merasakan komputer anda mulai terasa lola alias loading lama alias lambat?. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer anda lambat. Berikut kasus umum yang sering terjadi dan cara memperbaikinya. Artikel ini terutama berlaku untuk sistem operasi Windows.

1. Terinfeksi virus

Virus komputer biasa berjalan sebagai background program atau service yang tidak terlihat secara langsung. Untuk memeriksa apakah komputer anda terinfeksi virus atau tidak, anda bisa menggunakan Task Manager. Disana anda akan bisa melihat grafik aktifitas CPU.


Walaupun anda sedang membuka beberapa aplikasi sekaligus, tapi kalau tidak ada proses yang sedang berlangsung, umumnya grafik CPU usage pada tab Performance berada pada 0 s.d. 5%.

Jika ternyata grafik CPU usage tampak sibuk (diatas 5% apalagi hingga 100%) padahal anda tidak ada proses yang sedang anda jalankan maka anda perlu curiga akan adanya virus. Gunakan antivirus terbaru untuk memeriksa dan memperbaikinya.

2. Terlalu banyak background program / service yang dijalankan.

Ada orang yang sangat senang memasang (install) berbagai macam program. Apalagi dengan banyaknya gadget (seperti ponsel, kamera, pemutar musik, dll) yang bisa disambungkan ke komputer, banyak program tambahan yang perlu dipasang di komputer/laptop. Semakin banyak program yang dipasang, terutama program yang otomatis jalan saat pertama kali komputer dinyalakan, tentu akan menambah beban bagi CPU karena banyak program yang harus dimuat ke memori (loading).

Untuk melihat banyaknya program yang jalan di bacground anda bisa melihat di Windows icon tray yang umumnya berada di pojok kanan bawah dekat jam. Semakin banyak icon disana berarti semakin banyak program yang harus dimuat ke memori dan dijalankan.


Periksalah apakah ada program yang tidak penting atau sudah tidak digunakan lagi. Jika ada, anda bisa membuangnya (uninstall) program tersebut untuk meningkatkan efisiensi komputer anda. Buang juga program aplikasi yang sudah tidak terpakai untuk menghemat ruang penyimpanan (harddisk).

3. Harddisk Penuh

Sistem operasi memerlukan sejumlah ruang kosong di harddisk untuk melakukan proses pemindahan memori (memory swap). Jika harddisk mulai penuh, maka proses ini akan menjadi lama. Ini akan sangat terasa saat anda mulai menjalankan suatu aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan, komputer akan terasa lambat.

Setidak-tidaknya sisakan minimal 20% - 10% ruang kosong pada tiap partisi harddisk anda agar komputer anda berjalan normal.

4. Banyak Fragmentasi File

Jika anda sering menyimpan/mengunduh (download) atau menghapus/memindahkan berkas, terutama yang berukuran (filesize) besar, ada kemungkinan banyak berkas anda yang terfragmentasi. Berkas yang terfragmentasi akan terasa lambat saat dibuka. Coba gunakan program Disk Defragmenter untuk memeriksa dan memperbaikinya.


5. Kerusakan Sistem

Akibat penggunaan yang sangat intensif atau akibat mati secara tiba-tiba atau hal-hal lain yang tidak diketahui, berkas-berkas bisa sistem mengalami kerusakan (corrupt). Ini akan membuat sistem terasa lambat bahkan mungkin terasa aneh. Gunakan program Checkdisk untuk memeriksa dan memperbaikinya.

6. Program Aplikasi Terlalu Canggih

Dunia komputer berkembang sangat cepat. Setiap saat muncul software baru yang menggoda kita untuk segera mencobanya. Sayangnya software baru biasanya juga mensyaratkan spesifikasi hardware (prosesor, memory, dll) yang lebih canggih. Jika (teknologi) komputer anda sudah berumur 5 tahun kemudian anda ingin memasang aplikasi baru diatasnya, kemungkinan besar komputer anda akan terasa lambat saat menjalankan aplikasi tersebut.


Jika memang anda sangat memerlukan fitur baru dari aplikasi tersebut, maka anda perlu meningkatkan spesifikasi (upgrade) perangkat keras (hardware) komputer anda seperti menambah RAM atau harddisk. Atau bahkan mengganti komputer anda dengan teknologi terkini. Jika tidak, anda tidak perlu memaksakan untuk menggunakan softare terbaru, cukup gunakan aplikasi lama untuk bekerja.

7. Penyebab Lain

Untuk penyebab lainnya seperti hardware conflict, dll, anda mungkin perlu bantuan teknisi atau staf helpdesk untuk membantu anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar