Komputer Ala Mesin Tik

Jika anda ditanya: apakah anda bisa mengunakan komputer? Mungkin anda termasuk orang-orang yang menjawab: bisa! Tapi bagaimana jawaban anda jika ditanya: apakah anda bisa menggunakan komputer dengan efektif dan efisien?

Bisa Tapi Kurang Efektif-Efisien

Bisa menggunakan komputer belum tentu mampu menggunakannya dengan efektif dan efisien. Masih banyak saya temui pengguna komputer yang menggunakan komputer seperti menggunakan mesin tik. Maksud saya adalah banyak pengguna komputer yang belum menggunakan kecanggihan komputer untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pekerjaan yang seharusnya dengan komputer bisa selesai lebih cepat bisa jadi malah menjadi tambah lambat karena diselesaikan dengan cara manual.

Contoh yang sering saya temui adalah mengatur letak teks dalam aplikasi pengolah kata (misalnya: Ms Word) dengan spasi-spasi-spasi atau tab-tab-tab. Atau menggunakan aplikasi pengolah angka (misalnya: Ms Excel) tapi masih perlu dibantu kalkulator. Padahal aplikasi-aplikasi tersebut sudah menyediakan alat canggih untuk mengatur tata-letak dan berhitung. Bahkan ada juga yang menggunakan Ms Excel untuk membuat surat, ini jelas tidak efektif.

Mengurangi Produktifitas

Ketidakefisienan dan ketidak efektifan dalam menggunakan komputer tentu mengurangi produktifitas. Jika dianggap sebagai alat produksi (yang memerlukan modal dan energi), komputer tentu diharapkan menghasilkan sesuatu. Adanya ketidakefisienan dalam pemakaian menunjukan juga adanya pemborosan biaya dan tenaga.

Produktifitas vs Investasi

Bagi individu atau organisasi/perusahaan yang pekerjaannya sangat tergantung dengan komputer tentu perlu memperhatikan tingkat produktifitas dari diri atau karyawannya. Jika dihubungkan dengan investasi, umur komputer yang berkisar di angka 3-5 tahun, maka tingkat produktifitas dari suatu unit komputer tidak boleh diabaikan begitu saja. Jangan sampai komputer canggih yang dibeli dengan harga mahal tidak termanfaatkan secara maksimal.

Meningkatkan Ketrampilan Mengoptimalkan Investasi

Investasi komputer perlu dibarengi dengan produktifitas berkomputer. Produktifitas bisa ditingkatkan dengan meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam menggunakan komputer. Efektifitas dan efisiensi diperoleh dengan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan komputer. Pengetahuan didapat dengan membaca. Sedangkan ketrampilan diasah dengan berlatih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar