Pemisah Ribuan: Titik atau Koma? (Ms Excel)

Dalam Excel, tanda pemisah ribuan (1000 separator) (contoh: sejuta = 1.000.000) ditentukan oleh Excel berdasarkan regional options yang sedang berlaku. Karena itu jangan menuliskan tanda pemisah ribuan saat anda mengetik suatu bilangan.

Dalam aturan Indonesia, pemisah ribuan ditulis dengan tanda titik (.). Contoh: dua juta = 2.000.000. Aturan lain seperti Inggris (English) menggunakan tanda koma (,). Contoh: two millions = 2,000,000.

Saat mengetik angka, sebaiknya jangan ketik tanda pemisah ribuan (titik atau koma) secara manual. Karena jika tidak sesuai dengan setelan regional dari Windows anda, Excel akan menganggapnya sebagai text sehingga setiap operasi matematika terhadap bilangan itu akan menghasilkan value error.


Jadi, agar aman, ketiklah bilangan anda dalam format polos (misal: sejuta = 1000000). Selanjutnya, jika ingin menampilkan tanda pemisah ribuan, gunakan Format Cells.



Jika anda memaksa agar tanda pemisah ribuan harus sesuai dengan keinginan anda, maka ubahlah setelan regional komputer (Windows) anda dari Control Panel - Regional and Language Options.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar