Sudah Produktifkah Tim Anda Saat Berkomputer?

Biasa menggunakan komputer belum tentu bisa menggunakannya secara produktif. Beberapa jenis pekerjaan seperti administrasi, kesekretariatan, akuntansi, dokumentasi, jurnalistik, bahkan pemrograman komputer (coding), memerlukan ketrampilan berkomputer yang cepat tetapi tetap akurat.

Kecepatan dan keakuratan dalam bekerja dengan komputer seringkali dituntut karena 2 hal:
  1. data yang harus diolah banyak dan datang kontinyu (terus menerus)
  2. hasilnya sangat ditunggu segera / dikejar waktu
Setiap manajemen perusahaan/organisasi pasti menginginkan semua stafnya untuk produktif. Tidak terkecuali untuk pekerjaan yang bersifat administratif. Pekerjaan ini jelas membutuhkan orang-orang yang bisa mengoperasikan komputer dengan efektif dan efisien khususnya untuk aplikasi-aplikasi perkantoran (misal: Ms Office).

Apakah tim anda sudah bekerja produktif saat bekerja dengan komputer? Berikut beberapa indikasi yang bisa dikategorikan kurang produktif saat menggunakan komputer:

1. Tidak bisa mengetik 10 jari

Orang yang bisa mengetik dengan 10 jari akan bekerja 2 kali lebih cepat daripada orang yang tidak bisa. Jadi jelas kemampuan kemampuan mengetik 10 jari akan meningkatkan produktifitas kerja. Jika karyawan anda tidak bisa menggunakan 10 jari saat mengetik, kemungkinan besar produktifitas kerjanya lebih rendah daripada potensinya.

2. Menggunakanan tab atau spasi untuk mengatur posisi teks (aplikasi pengolah kata/Ms Word)

Aplikasi pengolah kata memiliki berbagai fungsi yang bisa digunakan untuk mengatur posisi teks secara efektif. Jika karyawan anda masih menggunakan tab atau spasi untuk mengatur posisi teks berarti ia kurang menguasai aplikasi tersebut. Akibatnya pekerjaan diselesaikan lebih lama karena tidak memanfaatkan kecanggihan komputer.

3. Masih perlu bantuan kalkulator (aplikasi spreadsheet/Ms Excel)

Aplikasi spreadseet seperti Ms Excel adalah alat yang canggih untuk mengolah angka. Jadi kalau karyawan anda masih perlu bantuan kalkulator (walaupun untuk alasan crosscheck / agar lebih yakin) berarti ia belum bisa memanfaatkan kelebihan komputer daripada kalkulator.

4. Hanya mengandalkan maus dan tak pernah menggunakan keyboard shortcut.

Dalam beberapa keadaan, keyboard shortcut jauh lebih efisien ketimbang maus. Jadi jika karyawan anda tidak pernah menggunakan keyboard shortcut, kemungkinan besar cara bekerjanya kurang efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar