Tanda Desimal: Koma atau Titik? (Ms Excel)

Dalam hal format bilangan desimal, Excel sangat tergantung kepada setelan regional (regional options) yang sedang berlaku di komputer (sistem operasi, Windows) anda.

Jika Windows anda menggunakan setelan Indonesia, maka tanda desimalnya adalah koma (,). Jika Windows anda menggunakan setelan Inggris (English) maka tanda desimalnya adalah titik (.). Tiap wilayah/negara punya aturan penulisannya masing-masing.

Cara cepat untuk mengetahui setelan regional mana yang sedang digunakan Windows anda adalah dengan melihat jam dan tanggal di bagian pojok kanan bawah dari layar komputer anda.

 

Pada gambar diatas, yang sebelah kiri menggunakan setelan Indonesia. Yang kanan setelan Inggris (English).

Jika tanda desimal bilangan anda SESUAI dengan regional setting, maka Excel akan menganggapnya sebagai NUMBER. Sebaliknya, jika tanda desimal bilangan anda TIDAK SESUAI dengan regional setting, maka Excel akan menganggapnya sebagai TEXT (tidak bisa dilakukan operasi matematika).



Bisakah anda memahami mengapa muncul value error pada rumus (formula) yang melibatkan dua penulisan angka desimal diatas? (Perhatikan juga kolom B. Yang satu rata kiri, yang lain rata kanan)

Jadi, agar Excel bisa bekerja dengan benar, anda harus menyesuaikan tanda desimal dengan regional options. Atau anda harus mengubah regional options agar sesuai dengan kebiasaan anda menulis tanda desimal.

Untuk mengubah setelan regional, Anda bisa mengubahnya lewat fungsi Control Panel - Regional & Language Options.