Hakikat Function (Ms Excel)

Function (fungsi) bekerja seperti formula (rumus). Ia menerima data, memprosesnya, dan mengeluarkan hasilnya. Sederhananya, fungsi adalah rumus yang sudah jadi. Excel menyediakan banyak fungsi yang bisa digunakan untuk melakukan banyak pekerjaan. Sudah tahu apa bedanya funtion dengan formula?

Jika kita membuat rumus, kita tahu proses/perhitungan apa saja yang terjadi. Contoh, untuk menghitung rata-rata kita harus menjumlahkan semua data lalu membaginya dengan banyaknya data seperti gambar dibawah.


Jika kita menggunakan fungsi, kita tidak tahu apa proses/perhitungan yang terjadi. Yang harus kita ketahui adalah apa yang kita inginkan (output alias keluaran) dan apa yang harus kita berikan (input alias masukan). Contoh, untuk menghitung rata-rata kita panggil saja fungsi AVERAGE lalu berikan data-data yang diperlukan. seperti gambar dibawah.


Pada gambar diatas, kita sama sekali tidak tahu perhitungan apa saja yang terjadi dalam fungsi AVERAGE tersebut. Yang kita tahu adalah bahwa fungsi tersebut akan menghasilkan nilai rata-rata dari angka-angka yang kita berikan.

Excel menyimpan berbagai function dalam suatu perpustakaan (library). Tahukah anda dimana letak library tersebut? Tahukah anda bagamaina mencari fungsi yang tepat untuk menyelesaikan masalah anda?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar